Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

13 Manfaat Puasa Senin Kamis, no.4 Mantap Sangat

13 Manfaat Puasa Senin Kamis, no.4 Mantap Sangad

Manfaat Puasa Senin Kamis

Pelajaranbro.com - Puasa merupakan bagian dari 5 Rukun Islam, dimana sebuah amalan yang mutlak tidak hanya dari shalat wajib. Dengan melaksanakannya maka seseorang bisa terhindar dari beberapa macam godaan syahwat selama ia hidup di dunia yang pada akhirnya bakal membuatnya terlepas dari siksa api neraka saat di akhirat kelak. Meskipun puasa ramadhan menjadi puasa yang wajib untuk diperbuat, bakal tetapi Hikmah Puasa Sunnah contohnya puasa senin kamis, Puasa Mutih 3 Hari, Puasa Sunah Idul Adha bakal menjadi penyempurna keimanan seseorang dengan meperbuat sunnah yang Rasulullah anjurkan.(Baca : Keutamaan Puasa Daud)

Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam sempat bersabda :

Artinya:

“Setiap amalan kebagusan yang diperbuat oleh manusia bakal dilipatgandakan dengan sepuluh kebagusan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut ialah untuk-Ku. Aku sendiri yang bakal membalasnya. Dikarenakan dirinya telah meninggalkan syahwat & makanan sebab-Ku. Bagi orang yang berpuasa bakal memperoleh dua ketersanjungan yaitu ketersanjungan saat dirinya berbuka & ketersanjungan saat bertemu dengan Rabbnya. Sungguh aroma mulut orang yang berpuasa lebih harum di segi Allah daripada aroma minyak kasturi.” (HR. Muslim)

Selain puasa yang diwajibkan bagi semua umat muslim, islam juga mengusulkan untuk mereka melaksanakan puasa sunnah guna meningkatkan kekekuranganan-kekekuranganan yang terdapat pada puasa wajib. Lumayan banyak macam-macam puasa sunnah yang diperbuat Rasulullah, tetapi Puasa Senin Kamis menjadi puasa yang paling sering Rasulullah perbuat.(Baca : Hari yang Dilarang Puasa)

Dan sebagai umat muslim, pasti tak asing lagi bagi kita saat mendengar mengenai puasa senin kamis. Dimana ini merupakan puasa sunnah yang Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam sangat mengusulkan untuk melaksanakannya & beliau sendiri pun merupakan hamba Allah SWT yang rutin mengamalkan puasa tersebut.(Baca : Trik Berpuasa Sambil Bekerja)

Dari Aisyah Radhiyallahu ‘Anhu, ia mengatakan :

Artinya:

“Ialah Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menggandakan puasa pada hari Senin danKamis.” (HR. Al-Tirmidzi, Al-Nasi & Ibnu Majah. Hadits ini dishahihkan Al-Albani)

Mengapa Rasulullah sangat menyukai berpuasa di hari senin & kamis ?

Artinya:

“Dari Abu Qotadah r.a, sesungguhnya Rosulululloh SAW ditanya mengenai puasa Senin. Maka beliau menjawab : “Hari Senin ialah hari lahirku, hari aku mulai diutus ataupun hari mulai diturunkannya wahyu.” (HR. Muslim)

Artinya:

“Dari Abi Hurairoh r.a, dari Rosulululloh SAW bersabda : “Seluruh amal disetor pada hari Senin & Kamis, maka aku lebih menyukai saat setor amal tersebut dalam kondisi berpuasa.” (HR. Turmudzi)

ads Adapun tata cara pelaksanaan puasa sunnah senin & kamis ialah sama dengan pelaksanaan puasa-puasa pada umumnya, yaitu mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari di hari senin & juga kamis.untuk niatnya, lumayan diperbuat dengan mengatakan dalam hati bahwa Kita berniat menjalankan puasa sunnah senin & kamis yang pastinya hal tersebut diperbuat semata-mata sebab Allah Ta’alaa.(Baca : Puasa Sebelum Menikah)
Adapun niat puasa sunnah senin & kamis ialah sebagai berikut :

“NAWAITU SAUMA YAUMAL ITSNAII SUNNATAN LILLAHI TANA’ALA.”

Artinya:

“Aku berniat puasa hari Senin, sunnah sebab Allah ta’ala.”

“NAWAITU SAUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAN LILLAHI TAA’ALA.”

Artinya:

“Aku berniat puasa hari Kamis, sunnah sebab Allah ta’ala.”

Cara Supaya Keinginan Cepat Terkabul yaitu dengan berpuasa. Puasa mempunyai pengertian & keutamaan yang sangat penting yang butuh kita ketahui sebagai seorang muslim. Khususnya bagi kita seorang muslim yang rajin menjalankan puasa senin kamis.  Banyak sekali hikmah yang bisa kita bisakan dalam menjalankan puasa sunnah senin & kamis, contohnya hikmah spiritual, keutamaannya di hadapan Allah SWT, serta hikmah dari segi kesehatan.(Baca : Fadhilah Puasa Ramadhan 10 Hari Pertama)

Baca juga :

Trik Puasa Ramadhan bagi Penderita Maag
Hukum Keramas Saat Puasa
Keutamaan Puasa di Bulan Syawal
Berikut ini beberapa keutamaan puasa senin kamis yang patut kita ketahui :

Senin & kamis ialah hari dimana pintu-pintu surga dibuka; jadi pada kedua hari tersebut, semua dosa-dosa yang telah diperbuat oleh umat muslim contohnya Dosa yang Tak Terampuni Oleh Allah SWT bakal memperoleh pengampunan dari Allah SWT, kecuali bagi mereka yang sedang bermusuhan.(Baca : Puasa Mutih Sebelum Menikah)

Dari Abu Harrairah ra, Bahwasannya Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam bersabda :

Artinya:

“Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin & Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun bakal diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dirinya & saudaranya terjadi permusuhan. Kemudian dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini hingga keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini hingga keduanya berdamai, tundalah pengam-punan terhadap kedua orang ini hingga keduanya berdamai.” (HR. Muslim)

Artinya:

“Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang namanya “Ar-Rayyan,” yang bakal di masuki oleh orang-orang yang sering berpuasa nanti pada hari kiamat, tidak bakal masuk dari pintu tersebut kecuali orang yang suka berpuasa. di katakan : manakah orang-orang yang suka berpuasa? maka mereka pun berdiri & tidak masuk lewat pintu tersebut kecuali mereka, apabila mereka telah masuk, maka pintu tersebut di tutup jadi tidak seorang pun masuk melewatinya lagi.” (HR Bukhori & Muslim)

Senin & kamis merupakan hari dimana amalan-amalan manusia bakal diangkat & diperiksa di hadapan Allah SWT.
Dari Abu Harrairah ra, Bahwasannya Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam bersabda :

Artinya:

“Amal-amal manusia diperiksa di hadapan Allah dalam setiap pekan (Jumu’ah) dua kali, yaitu pada hari Senin & Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang antara dirinya & saudaranya terjadi permusuhan…” (HR. Muslim)

Hari kamis merupakan hari dimana kebanyakan perjalanan (safar) Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam diperbuat.
Ka’ab bin Malik Radhiyallahu anhu sempat mengatakan :

Artinya “Sangat jarang Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar (untuk meperbuat perjalanan) kecuali pada hari Kamis.” (HR. Al-Bukhari)

Ka’ab bin Malik Radhiyallahu anhu juga sempat mengatakan :

Artinya “Bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar pada hari Kamis di peperangan Tabuk, & (terbukti) beliau suka keluar (untuk meperbuat perjalanan) pada hari Kamis.” (HR. Al-Bukhari)

Hari Senin merupakan hari dimana Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam dilahirkan & menerima wahyu-wahyu dari Allah SWT.
Sejarah telah mencatat bahwa Rasulullah Sholallahu Alaihi wassalam dilahirkan pada hari senin tanggal 12 Rabi’ul Awal tahun Gajah, ataupun bertepatan dengan tanggal 27 April 571 Masehi.

Artinya:

“Dari Abu Qotadah r.a, sesungguhnya Rosulululloh SAW ditanya mengenai puasa Senin. Maka beliau menjawab : “Hari Senin ialah hari lahirku, hari aku mulai diutus ataupun hari mulai diturunkannya wahyu.” (HR. Muslim)

Manfaat dari Menjalankan Puasa Senin Kamis


Selain keutamaan tersebut di atas, ada beberapa fungsi yang bisa kita bisakan dalam melaksanakan puasa sunnah senin & kamis, diantaranya :

1. Bisa menjadi perisai bagi kejiwaan seseorang


Menjalankan puasa, bagus tersebut puasa wajib maupun puasa-puasa sunnah contohnya puasa senin & kamis bisa memberikan pengaruh yang besar bagi kondisi kejiwaan seseorang. Fungsi berpuasa juga bisa menolong dalam melatih kesabaran, melatih menguasai diri, melatih diri dalam meredam hawa nafsu, serta bisa meningkatkan kemauan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bisa meningkatkan nilai ketaqwaannya terhadap Allah SWT.(Baca : Puasa Mutih Sebelum Menikah)

Artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu supaya kamu bertaqwa.” (QS. Al-Baqarah: 183)

2. Melatih diri untuk berdisiplin


Dengan berpuasa, maka seseorang bakal dilatih untuk rutin berdisiplin dalam segala hal, sebab ia merasa Allah SWT rutin mengawasi setiap perbuatan yang ia perbuat jadi ia bakal rutin mawas diri & menghindari segala hal-hal yang nantinya bisa memunculkan dosa & bisa mengabolisi puasanya.(Baca : Trik Persiapan Menjelang Puasa)

3. Bisa terhindar dari godaan syaitan


Berpuasa memberikan fotoan bahwa dengan meperbuat ibadah tersebut jalan syaitan untuk mempengaruhi jiwa & badan manusia bakal terhambat. Dengan begitu bakal bisa meminimalkan pengaruh-pengaruh syaitan pada manusia contohnya berbuat kemaksiatan ataupun meperbuat hal-hal lainnya yang dilarang oleh Allah SWT.(Baca : Niat Puasa Ganti Ramadhan)

4. Bisa meningkatkan amalan


Dengan berpuasa, kita bakal lebih terdorong untuk meningkatkan ibadah maupun amalan-amalan lainnya yang nantinya bakal mendatangkan pahala dari Allah SWT.

Postingan mengenai amalan :

Keistimewaan Amalan Istighfar
Amalan Bulan Syawal
Amalan Sebelum Tidur Menurut Rasulullah
Amalan Dzikir di Bulan Ramadhan
Amalan Rasulullah Sebelum Tidur
Amalan Hari Jumat Bagi Wanita

5. Melembutkan hati & meningkatkan rasa syukur


Dengan berpuasa, rasa simpatik kita terhadap orang lain bakal terus meningkat, khususnya bagi mereka yang mempunyai keberuntungan yang tetap jauh dibawah kita.dengan begitu bakal menjadikan kita lebih tahuCara Mensyukuri Nikmat Allah SWT.

6. Berpengaruh besar pada kesehatan tubuh


Banyak pakar kesehatan yang menyebutkan bahwa puasa bagus bagi kesehatan seseorang. Puasa bisa membersihkan badan serta sebagai penyembuhan bagi beberapa penyakit. Saat berpuasa, sistem pencernakan kita bisa beristirahat jadi sistem badan yang lainnya bisa bekerja lebih bagus.(Baca : Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh )

Keutamaan puasa senin kamis lainnya :

  1. Kunci Berhasil mencapai impian yang diharapkan
  2. Sebagai Cara Memperoleh Jodoh
  3. Sebagai Cara Menahan Hafsu
  4. Mengencangkan kulit
  5. Menurunkan tekanan darah tinggi
  6. Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh
  7. Dapat meremajakan sel kulit

Itulah artikel manfaat puasa senin kamis, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "13 Manfaat Puasa Senin Kamis, no.4 Mantap Sangat"