Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Macam Macam Energi dan 7 Sumber Energi

Pelajaranbro.com - Macam macam Energi – Bumi hadir dengan segala ketakjuban yang telah diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Di dalamnya terdapat beberapa macam keajaiban yang lahir dari beberapa interaksi beberapa unsur.

Sebagai seperti adanay energi yang menjadikan bumi sanggup menghasilkan beberapa fungsi untuk kebutuhan makhluk hidup di dalamnya.

Ada banyak sekali energi yang terdapat di bumi, sebagai darinya bahkan telah dimanfaatkan oleh makhluk hidup sebagai sarana menopang kehidupan mereka hingga ribuan tahun lamanya hingga saat ini.

Lalu, apa sebetulnya energi tersebut & apa saja macam-macam energi? Berikut adalah ulasannya.

6 Macam Macam Energi dan 7 Sumber Energi

Pengertian Energi

Dikutip dari Wikipedia, yang dimaksud dengan energi adalah properti fisika dari sebuah objek, bisa berpindah melewati interaksi fundamental, bisa diubah bentuknya. Tetapi, energi tak bisa diciptakan atau dimusnahkan namun hanya bisa berubah bentuk menjadi energi lain.

Macam-macam Energi

Berikut adalah macam-macam energi yang terdapat di bumi, sebagian ada yang dihasilkan dari perubahan energi tertentu jadi menghasilkan energi lain.
Energi Bunyi

Bunyi dihasilkan dari sebuah benda yang bergetar. Saat anda mendengar guntur yang keras, kadang kaca jendela rumah bisa ikut bergetar atau bahkan pecah.

Hal tersebut dikarenakan bunyi merupakan salah satu bentuk energi yang merambat melewati perantara udara. Sebetulnya, saat terjadi guntur energi yang diciptakan darinya selain tentang kaca namun semua bagian rumah.

Tetapi, energi yang dihasilkan guntur tersebut tak lumayan besar untuk sanggup menggetarkan bagian rumah yang lainnya.
Energi Cahaya

Energi ini diperoleh dari benda-benda yang sanggup memancarkan cahaya seperti, matahari, api, & lampu. Biasanya energi cahaya disertai dengan hadirnya energi lain seperti kalor. Bahkan dalam pemakaian sel surya, cahaya yang dipancarkan oleh matahari bisa diubah menjadi energi listrik.

1. Energi Kalor


Masih ingat dengan kata kalor? Kalor adalah bentuk energi yang sanggup memunculkan perubahan suhu serta perubahan wujud zat. Energi ini umumnya merupakan hasil sampingan dari perubahan bentuk energi lainnya.

Misal, perolehan energi kalor dari energi kimia seperti dalam pembakaran bahan bakar. Kalor juga didapatkan dari energi kinetik benda-benda yang bergesekan. Seperti saat anda menggosok-gosokkan kedua telapak tangan kita.

2. Energi Kimia


Energi kimia adalah energi yang dilepaskan selama proses reaksi kimia. Contoh energi ini adalah makanan yang anda makan. Makanan yang sering anda makan mengandung unsur kimia di dalamnya.

Di dalam tubuh, unsur kimia yang terkandung dalam makanan tersebut nantinya bakal mengalami reaksi kimia. Selama proses tersebut, unsur-unsur yang bereaksi bakal melepaskan energi kimia.

Energi kimia yang dilepaskan tersebut nantinya bakal menolong metabolisme badan anda untuk menunjang aktivitas keseharian anda sehari-hari.

3. Energi Kinetik


Energi kinetik adalah energi yang dimiliki sebuah benda sebab geraknya. Makin besar kecepatan (v) sebuah benda bergerak maka bakal makin besar pula energi kinetiknya. Selain, terus besar massa benda (m) yang bergerak maka bakal terus besar pula energi kinetiknya.

Secara matematis dirumuskan sebagai berikut:

   

    Ek = 1/2 ( m.v2 )

4. Energi Listrik


Senter yang menyala saat anda pakai merupakan salah satu bentuk pemakaian energi listrik. Energi listrik ini terjadi dikarenakan adanya muatan listrik yang bergerak.

Dari muatan listrik yang bergerak inilah yang lalu memunculkan arus listrik. Energi ini banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari, seperti seperti untuk penerangan.

Selain itu, energi listrik juga dipakai untuk menggerakkan mesin-mesin. Seperti saja untuk dijadikan sebagai pembangkit listrik untuk kebutuhan sehari-hari.

Pembangkit listrik tersebut pasti memperoleh energi dari beberapa sumber energi umpama dari nulkir, angin, matahari, atau air. Sedangkan apabila ingin menghasilkan energi listrik yang kecil bisa menggukan baterai, aki, atau generator.
Energi Mekanik

Pernah kejatuhan sesuatu dari atas? Mengapa saat kaki atau tangan anda yang kejatuhan jeruk bakal terasa sakit? Sebab jeruk tersebut mempunyai energi yang disebut sebagai energi mekanik.

Saat buah jeruk tetap berada di pohon, energi mekaniknya sama besarnya dengan energi potensial. Saat jatuh, & hingga di bawah energi mekaniknya bakal sama dengan energi kinetiknya.

Energi mekanik adalah energi yang dimiliki oleh benda sebab sifat geraknya. Besar energi mekanik (Em) merupakan hasil penjumlahan dari energi kinetik (Ek) & energi potensial (Ep). Dengan cara matematis bisa dituliskan seperti ini:

   

    Em = Ep + Ek

5. Energi Nuklir


Energi ini dihasilkan dari proses reaksi nuklir. Reaksi nuklir terjadi di inti atom yang pecah atau bergabung menjadi inti atom yang lain & ppostingan lain lalu melepaskan energi kalor.

Reaksi nuklir terdapat di matahari, bom nuklir, serta reaktor nuklir. Energi yang dihasilkan dari reaksi nuklir benar-benar besar jadi bisa dipakai untuk dijadikan sebagai pembangkit listrik.

6. Energi Pegas


Semua benda yang lentur atau elastis mempunyai energi pegas ini. Umpama adalah per, busur, pegas, ketapel, trampolin, & lain-lain. Saat anda menekan, menggulung, luar biasa, atau merenggangkan sebuah benda elastis maka saat dilepaskan maka ia bakal kembali ke bentuknya semula.

Saat anda memberikan gaya pada benda itu, maka energi yang dihasilkan adalah energi potensial. Sedangkan, saat dilepaskan makan energinya berubah menjadi energi kinetik.

7. Energi Potensial


Energi potensial adalah energi yang dipunyai oleh sebuah benda sebab posisinya (kedudukannya) kepada sebuah acuan. Seperti, batu yang diangkat pada sebuah ketinggian tertentu bakal mempunyai energi potensial.

Apabila massa batu besar makan energi yang dimiliki juga bakal besar. Batu yang mempunyai energi potensial yang dikarenakan gravitasi bumi maka energinya bakal disebut energi potensial bumi.

Energi potensial (Ep)bumi tergantung pada massa benda (m), gaya gravitasi (g) , serta ketinggian benda (h). Jadi bisa dituliskan sebagai berikut:

   

    Ep = m.g.h

Sumber-sumber Energi


Sesudah mengenal macam-macam energi, ada bagusnya anda mengenal sumber-sumber energi yang sanggup menghasilkan energi-energi di atas, yaitu:

1. Air


Benda yang diam mempunyai energi yang disebut sebagai energi potensial. Sedangkan saat benda bergerak mempunyai energi yang disebut energi potensial.

Sama halnya dengan sumber energi berupa air. Seperti saja, air terjun. Energi yang dihasilkan dari air terjun dipakai untuk menggerakkan turbin pada PLTA.

Selain itu, air yang mengalir dipakai sebagai alat transportasi di beberapa daerah di Indonesia, umpama seperti di Kalimantan Selatan.

2. Angin


Angin merupakan udara yang bergerak. Nyatanya angin bisa dijadikan sebagai sumber energi apabila dikelola dengan bagus. Salah satu negara yang memanfaatkan angin sebagai sumber energi adalah Belanda jadi populer dengan sebutan negara kincir angin.

Di Belanda, kincir tersebut dipakai sebagai alat bantu untuk menggiling gandum. Sedangkan bagi nelayan, angin dimanfaatkan sebagai penggerak kapal layar.

Saat berangkat melaut nelayan memanfaatkan angin laut, sedangkan saat pulang ke daratan mereka memanfaatkan angin darat.

3. Baterai


Baterai menyimpan energi yakni energi kimia. Dalam pemakaiannya energi kimia tersebut bakal berubah menjadi energi listrik. Baterai bisa anda temui dipakai dalam beberapa perangkat seperti mobil mainan, jam dinding, remote control, radio, kamera, & bahkan mobil & motor bertenaga baterai.

4. Listrik


Salah satu energi yang berasal dari alam. Beberapa pakar berpendapat bahwa listrik merupakan sumber energi yang tak terbatas seperti cahaya matahari.

Listrik yang dihasilkan dari arus listrik umumnya dihasilkan dari pembangkit listrik. Bisa berupa PLTA (air), PLTS (surya/matahari), PLTU (uap), atau PLTD (diesel).

5. Makanan


Sumber energi ini hanya bisa dirasakan oleh makhluk hidup. Sebagai contoh, anda saat kelaparan pasti bakal merasakan badan menjadi lemas. Tapi, sesudah anda makan maka anda bakal kembali bugar.

Mengapa? Sebab makanan yang sebelumnya anda makan telah berubah menjadi energi. Sesudah berenergi kembali, anda bakal bisa beraktivitas kembali.

Sama halnya dengan fauna serta tumbuhan. Oleh sebab itu, makanan merupakan sumber energi bagi makhluk hidup.

6. Matahari


Seperti yang sudah anda ketahui matahari merupakan salah satu dari bintang. Bintang adalah benda langit yang mempunyai cahaya sendiri.

Apabila anda bandingkan matahari dengan bintang yang lain, matahari terlihat berkapasitas lebih besar. Mengapa? Hal tersebut sebab jarak antara bumi & matahari terpaut lebih dekat dibanding jarak bintang yang lain.

Matahari merupakan sumber energi kalor’/panas serta menjadi sumber cahaya paling besar di bumi. Tanpanya, tak bakal ada kehidupan di bumi.

Selain menghangatkan bumi, matahari juga sangat diperlukan makhluk hidup lain. Untuk flora umpama, cahaya matahari diperlukan untuk proses gambarsintesis.

Gambarsintesis merupakan proses pembuatan makanan yang terjadi di sel tumbuhan. Hasil dari proses ini yaitu oksigen serta karbon dioksida.

Manusia & fauna pasti sangat bergantung pada tumbuhan. Apabila proses gambarsintesis tidak ada, maka kehidupan manusia & fauna pasti bakal terancam.

Lalu, gimana dengan manusia? Apakah manusia juga memerlukan matahari? Tentu, manusia memakai cahaya matahari untuk kebutuhan sehari-hari, seperti menjemur pakaian, padi, atau ikan asin.

Bahkan teknologi manusia kini bisa memanfaatkan matahari sebagai sumber energi yang ramah lingkungan dengan memakai sel matahari.

7. Minyak Bumi


Minyak bumi merupakan bahan bakar yang terbuat dari fosil. Pemakaian minyak bumi harus melewati proses pengolahan terlebih dahulu.

Hasil pengolahan minyak bumi yakni berupa solar, avtur, aspal, bensin, & minyak tanah. Bensin umum dipakai untuk bahan bakar kendaraan.

Solar dipakai untuk mesin diesel sedangkan avtur dipakai sebagai bahan bakar untuk pesawat terbang. Sedangkan minyak tanah untuk bahan bakar kompor & aspal untuk membuat jalan atau sebagai penghalusnya.

Kadar pemakaian bahan bakar dari minyak bumi harus ekonomis sebab jumlahnya sangat terbatas & tergolong sumber daya yang tak bisa diperbarui.

Selain itu, bahan bakar ini juga menghasilkan polusi sesudah dipakai. Adanya polusi inilah yang lalu bisa merusak lingkungan apabila tak diimbangi dengan pelestarian lingkungan.

Demikian pembahasan tentang macam-macam energi, serta pengertian, & juga sumber energi. Semoga berguna & sanggup meningkatkan wawasan pengetahuan umum untukmu.

Posting Komentar untuk "6 Macam Macam Energi dan 7 Sumber Energi"