Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Aliran Seni Lukis, Penejelasan dan Tokohnya Lengkap

Pelajaranbro.com - Pelajaranbro.com - Menurut arti dasarnya, seni lukis ialah pengembangan dari seni mengfoto & tergolong dalam salah satu cabang dari karya seni rupa. Menuangkan suatu objek dua ataupun tiga dimensi dengan tujuan memberi tau suatu kesan diatas suatu medum (bisa berupa kanvas, kertas, papan, ataupun media lukis lainnya).

Daftar Aliran Seni Lukis + Penejelasan dan Tokohnya Lengkap

Aliran Seni Lukis

Secara teknis dapat dikatakan bahwa suatu seni lukis merupakan suatu kegiatan dengan memakai berbagai paduan warna memakai bahan pelarut yang lalu dipadukan diatas suatu media, jadi menghasilkan suatu karya yang pastinya mempunyai pesan yang disampaikan.

Dengan gabungan konsep titik, garis bidang, bentuk, volume, tekstur bahkan tidak banyak efek pencahayaan dengan acuna seni, lalu muncullah suatu karya seni yang dapat dinikmati banyak orang. (Baca juga: Lukisan 3D, Karya Seni Paling Menakjubkan yang Tampak Contohnya Nyata)

Ada banyak sekali para pelukis dunia yang lahir lalu mengembangkan ajaran seni lukis baru dengan ciri khas & gaya yang tidak sama-beda antar sesama seniman. Berikut ini 7 ajaran seni lukis yang berpengaruh & melahirkan karya yang fenomenal.
Aliran Naturalisme

Aliran naturalisme merupakan salah satu ajaran seni lukis yang mengfotokan suasana yang sesuai dengan kondisi sebetulnya (nature) ataupun alam nyata tanpa mengubah dari bentuk aslinya & biasanya sangat mirip dengan aslinya. Untuk ajaran seni lukis yang satu ini biasanya sangat teliti & rutin memperhatikan perbandingan, perspektif, tekstur bahkan pewarnaannya demi menghasilkan suatu karya yang persis dengan objek aslinya.

Biasanya untuk tipe lukisan dari salah satu ajaran seni lukis ini banyak yang berhubungan dengan alam.
Pelopor dari ajaran naturalisme yang berasal dari Amerika yaitu William Bliss baker sedangkan salah satu pelopor ajaran naturalisme asal Indonesia yaitu Basuki Abdullah & Raden Saleh.

Aliran Realisme


Aliran Realisme yaitu salah satu ajaran seni lukis yang mengfotokan suatu subjek contohnya tampil dalam kehidupan keseharian tanpa ada tambahan didalam karyanya. Biasanya cenderung menampilkan sesuai dengan fakta ataupun lakukanan alam, tidak dilebih-lebihkan khususnya dalam hal pewarnaan jadi cenderung lebih sering meniru bentuk alam dengan cara seksama.

Kadang sangat sulit untuk membedakan tipe ajaran seni lukis tipe realism dengan tipe naturalism, sebab sama-sama mengfotokan objek sesuai dengan kondisi aslinya. Salah satu seniman yang namanya tersohor sebab memakai ajaran seni lukis ini dalam setiap karyanya ialah ustave Courbet & Jean Francois Millet.

Aliran Romantisme


Aliran Romantisme ialah salah satu ajaran seni lukis yang memberikan kesan membangkitkan kenangan terindah pada setiap goresan yang dihasilkan. Hasil lukisan yang dihasilkan biasanya terbilang lukisan yang istimewa sebab mengfotokan nostalgia dengan masa-masa indah. Di Indonesia, tipe ajaran romantisme ialah salah satu ajaran seni lukis tertua dalam sejarah seni lukis modern.

Aliran Klasikisme


Sesuai dengan sebutannya yaitu klasik, pastinya yang ditampilkan dalam lukisan tipe ini ialah berupa foto-foto klasik dengan karakter tersendiri. Banyak tipe lukisan dari ajaran ini yang diangat dari kisah-kisah legenda dalam kerajaan romawi.

Tetapi sesudah perkembangannya lalu banyak pelukis-pelukis nusantara yang juga berminat untuk melukis memakai ajaran klasikisme. Lukisan hasilnya biasanya lebih terkesan mempunyai bentuk yang sebanding serta harmonis. 

Aliran Kubisme


Aliran Kubisme yaitu salah satu ajaran seni lukis yang cenderung mengfotokan abstraksi kepada objek dalam bentuk geometri ataupun dapat juga dikatakan berupa balok-balok jadi memperoleh sensasi tertentu dalam karya seni lukis. Ajaran ini mempunyai banyak bentuk pada dasarnya contohnya halnya segitiga, sisi empat, lingkaran, silinder, kubus, & sejenisnya. Hasil lukisannya sangat mencolok daripada ajaran yang lainnya. Salah satu pelukis populer dengan karyanya yang memakai ajaran kubisme dalam melukis ialah Pablo Picasso.

Aliran Plural Painting


Aliran Plural Painting merupakan salah satu ajaran seni lukis yang dihasilkan saat berimajinasi dalam bermeditasi ataupun dapat juga disebut saat berintuisi & lalu diterjemahkan dalam gerak kehidupan menjadi bahasa visual. Biasanya sentuhan warna yang dipakai sangat mencolok & tergolong terang tetapi masih berpacu pada kualitas estetika.

Aliran Ekspresionisme


Aliran Ekspresionisme ialah salah satu ajaran seni lukis yang lebih mengutamakan keleluasaan dalam hal bentuk, warna dalam menuangkan perasaan ataupun ekspresi dalam suatu kanvas. Pada ajaran ini kecenderungan seniman bakal mendistorsi suatu kenyataan dengan meningkatkankan tidak banyak efek-efek emosional.

Nah itulah aliran seni lukis yang ada di dunia sampai saat ini.

Posting Komentar untuk "Daftar Aliran Seni Lukis, Penejelasan dan Tokohnya Lengkap"