Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Dewi Nyi Roro Kidul si Pantai Selatan

Pelajaranbro.com - Asal usul Nyi Roro Kidul / Hampir semua penduduk Pulau Jawa, & bahkan masyarakat Indonesia pada umumnya percaya apabila Laut Kidul (Pantai Selatan) dari dulu sampai ketika ini dikuasai oleh sesosok mahluk ghaib bergelar Kanjeng Ratu Kidul ataupun Nyi Roro Kidul. Kepercayaan ataupun mitos yang berkembang ini telah lama ada di kalangan masyarakat kita. Sosok perempuan yang menjadi pemimpin dari kerajaan ghaib itu pun sudah identik dengan mitologi masyarakat Indonesia. Tetapi bagi orang yang berpikir, hal ini pasti bakal memicu timbulnya suatu pertanyaan. Ya, suatu pertanyaan terkait gimana sebetulnya asal usul nyi roro kidul ini sampai ia bisa menjadi penguasa & ratu di jagat ghaib di Selatan Jawa? Apa yang membuat ia begitu tersohor & tetap tetap dikenal sampai kini? Penasaran contohnya apa kisahnya? Simaklah Pemaparan kami berikut ini.



Sejarah Dewi Nyi Roro Kidul si Pantai Selatan

Asal Usul Nyi Roro Kidul menurut islam

Simpang siurnya info yang ada serta minimnya bukti sejarah yang tersedia membuat info seputar asal usul nyi roro kidul sampai saat ini hanya menjadi mitos yang tak diketahui seberasapa besar kualitas kebenarannya. Banyak pendapat di masyarakat terkait siapa sebetulnya Nyi Roro Kidul itu sampai akhirnya ia bisa menjadi penguasa mistik di Laut Selatan Jawa. Tetapi, butuh diketahui bahwa kendati demikian kami telah merangkum 3 pendapat yang kami rasa paling banyak dipercayai sebagai asal usul nyi Roro Kidul yang sebetulnya. Ya, ada 3. Berikut pembahasannya.

1.  Asal Usul Nyi Roro Kidul ialah Ratu Bilqis


Asal Usul Nyi Roro Kidul bahasa Jawa
Ya, pendapat pertama menyebut apabila Ratu Kidul sebetulnya ialah anak dari ratu Bilqis, anak dari ratu yang takluk pada Raja Sulaiman.
Advertisement

Diriwayatkan bahwa sesudah ratu bilqis menikah dengan seorang jin pria, ia lalu dikaruniai oleh seorang putri. Putri ini tak mempunyai raga sebab dirinya bukanlah manusia. Dirinya ialah jin, sama contohnya bapaknya. Nah, sebab malu mempunyai anak seorang jin, ratu bilqis lalu membuang anak yang olehnya diberi nama Aurora ini ke suatu pulau yang jauh dari kerajaannya. Pulau ini di lalu hari bernama Al-Jawi ataupun Pulau Jawa.
Putri Aurora tumbuh & besar bersama dengan jin-jin lain yang ada di pulau itu. Darah biru yang mengalir di badan putri ini lalu membuatnya menjadi seorang pemimpin bagi kerajaan jin komunitas itu.

Seiring berlangsungnya waktu, sebab terjadinya migrasi besar-besaran orang-orang Yunan (China) ke Indonesia & menempati pulau Jawa (baca : Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia), putri aurora & para pengikutnya lalu semakinik. Mereka pindah mengalah sebab tak mau terlalu dekat dengan hiruk pikuk & keramaian manusia. Mereka pindah ke sebelah sebelah selatan Jawa. Cocok di pesisir pantai laut Selatan.
Advertisement

Beratus-ratus tahun putri Aurora & pengikutnya membangun kerajaan, akhirnya ia pun lalu mencapai masa kejayaan. Banyak sekali kerajaan-kerajaan jin kecil di kurang lebihan jawa yang takluk & mengaku bergabung dengan kerajaan laut kidul.

Lambat laun, ketenaran kerajaan yang dipimpin putri aurora lalu berkembang & menyebar ke semua penjuru negeri. Masyarakat jawa kala itu yang tak terlalu fasih menyebut kata Aurora lalu merubah nama sang putri menjadi Roro. Putri Roro dipanggil Nyi Roro. Nah, sebab ia menjadi penguasa jin di pantai selatan, maka nama Nyi Roro lalu diberi tambahan kidul (Kidul=Selatan), maka nama lengkapnya menjadi Nyi Roro Kidul.[BACA : Asal Usul Candi Borobudur yang Sengaja DISEMBUNYIKAN!! ]

2.  Asal Usul Nyi Roro Kidul ialah Dewi Nawangwulan


Pendapat kedua menyebut apabila asal usul nyi roro kidul ialah Dewi Nawang Wulan. Dewi yang merupakan istri dari Jaka Tarub. Apabila Kita sempat mendengar kisah Jaka Tarub, pasti Kita sudah tidak banyak banyak tahu mengenai nama Dewi Nawang Wulan. Ya, dewi yang selendangnya dicuri & tak bisa kembali ke kerajaan langit ini dipercaya sebagai asal usul nyi roro kidul.  Ia dikutuk oleh kerajaan langit sebab sudah berani-beraninya menikah dengan manusia (Jaka Tarub) dimana hal ini sangat haram hukumnya. Ia dikutuk menjadi sebangsa jin & diperintahkan untuk menjaga pulau jawa supaya tidak tenggelam sebab keganasan Samudera Hindia.

Dalam mitologi Jawa, asal-usul nyi roro kidul dari versi yang satu ini tidak begitu banyak mempunyai bukti & terkesan dihubung-hubungkan. Orang-orang Jawa umumnya bakal lebih percaya pada pendapat asal usul nyi roro kidul yang pertama. [BACA : Asal Usul Minyak Bumi, Proses Pembentukan, & Pengolahannya ]

3.  Asal Usul Nyi Roro Kidul ialah Raja Jin (Menurut Agama Islam)


Asal Usul Nyi Roro Kidul Orisinil Jin Menurut Islam
Menurut Agama Islam, asal usul nyi roro kidul bukanlah hal spesial yang butuh diperbincangkan. Berdasarkan keterangan Al-Qur’an & Al-Hadist, fenomena nyi roro kidul ialah hal yang lumrah terjadi di dunia jin. Nyi Roro Kidul sendiri dianggap sebagai penjelmaan dari ceo kerajaan jin di pesisir laut Selatan Jawa, sebagaimana dijelaskan dalam hadist berikut ini:

Dari hadist tersebut, kita bisa mernarik kesimpulan bahwa asal usul nyi roro kidul & beberapa kepercayaan lain seputar hal ini janganlah terlalu diambil pusing.  Jangan kita terjebak oleh beberapa bentuk perangkap yang sengaja dibangun Syetan untuk mengelabuhi manusia. Lumayan berserah diri pada Alloh SWT untuk mencapai keselamatan dunia akhirat.

Demikianlah 3 pendapat mengenai asal usul nyi roro kidul. Semoga bisa menjadi tambahan info bagi Anda. Salam.

Posting Komentar untuk "Sejarah Dewi Nyi Roro Kidul si Pantai Selatan"