Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

1001 Manfaat dan 1001 Bahaya Ikan Lele

1001 Manfaat dan 1001 Bahaya Ikan Lele
Pelajaranbro.com - Ikan lele ialah sejenis ikan-ikanan yang hidup di air yang sering kita jumpai. Benarkah lele mempunyai fungsi baik untuk kesehatan kita? Apa saja kandungan gizi yang bisa Kita peroleh dari memakan ikan lele? Ya! Ikan lele kini merupakan tipe ikan air tawar yang sering banyak Kita jumpai di pasar-pasar tradisional. Sebab Ikan lele bisa memberi fungsi yang sangat baik khususnya untuk pertumbuhan janin pada bunda hamil, baik untuk pertumbuhan balita, tidak hanya juga sebab harganya yang sangat murah.

Ikan lele juga baik untuk kesehatan jantung kita sebab ikan lele merupakan sumber protein yang rendah lemak. Tak jarang di media elektronik ditayangkan beraneka cara pengolahan ikan lele jadi mempunyai kualitas jual yang lebih baik, disamping bisa sebagai variasi olahan menu Anda. Kebanyakan ikan lele yang banyak dijual di pasar merupakan ikan lele dari tipe Clarias Batrachus L, sebab mengandung lebih banyak daging dibandingkan tipe lainnya.
KandunganPerbandingan Kualitas Gizi Ikan Lele

Jenis Ikan, Protein (%), Lemak (%), Mineral (%), Air (%), KH (%)

    Mas 16,0 2,0 1,0 80 1,0
    Bandeng 20,0 1,3 1,2 76 1,5
    Tawes 9,7 5,1 1,5 82 1,7
    Gabus 20,0 1,5 1,3 77 0,2
    Betok 17,5 5,0 2,0 75 0,5
    Lele 17,7 4,8 1,2 76 0,3

Kandungan Gizi Ikan Lele

    Kalori 712 kalori
    Protein 15-19 gram
    Lemak 4-10 gram
    Karbohidrat 0-1,7 gram
    Air 67-80 gram
    Abu 9 mg
    Kalsium 11 mg
    Fosfor 168 mg
    Logam 1,1 mg
    Kalium

Berikut Ialah Fungsi Ikan Lele Untuk Kesehatan

1. Sebagai Sumber Protein

Ikan lele merupakan ikan air tawar yang mempunyai kandungan protein hewani yang lumayan tinggi, yaitu kurang lebih 25%. Keistimewaan protein yang terkandung di dalam ikan sangat baik bagi badan kita sebab protein yang terdapat pada ikan tak hanya berguna meningkatkan jumlah protein yang Kita santap, tetapi sekaligus bisa menjadi pelengkap mutu protein yang ada dalam menu makan Anda. Dalam protein ikan lele mengandung asam amino esensial (lisin), metionin & leusin dengan kadar protein yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan protein yang terdapat pada susu & daging.

Butuh Kita ketahui bahwa hampir 70% ikan air mempunyai protein dengan kadar sistin & metionin yang tinggi. Leusin berguna untuk menolong proses pertumbuhan pada anak, juga berguna untuk pembentukan & perombakan otot. Lisin menolong proses pertumbuhan anak, sedang pada proses pengobatan penyakit herpes diperlukan lisin yang bakal menjadi kerangka untuk niasin.
2. Kaya Phospor

Kandungan phospor pada ikan lele yang mencapai 167 mg/ 100 gm terbukti lebih tinggi dari yang terkandung pada telur yang hanya 100 mg. Phospor bemanfaat untuk memberi kekuatan & energi dalam metabolisme lemak & pati, menjadi penunjang kesehatan gusi & gigi, menolong sistesis DNA, serta menolong penyerapan kalsium. Phospor juga lebih banyak diperlukan pada bunda hamil sebab berguna untuk pembentukan tulang pada janin. Apabila asupan phospor pada bunda hamil kekurangan, maka janin bakal mengambil phospor dari tulang sang ibu. Inilah salah satu penyebab terjadinya osteophorosis.
Baca Juga:  1000 Fungsi Ikan Bandeng Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan Tubuh
3. Kesehatan Kardiovaskuler

Perbandingan kalium & natrium pada ikan lele yang mencapai 24,7 : 1 termasuk tinggi jadi sangat baik untuk kesehatan cardio & pembuluh darah Anda. Syarat sebuah makanan dikatakan baik untuk kesehatan jantung ialah apabila perbandingan kalium terhadap natrium lebih dari 6 : 1.

Kalium berguna sebagai:

    Bisa menolong dalam pengendalian tekanan darah
    Sebagai pembasmi CO2 (karbondioksida) yang terkandung di dalam darah
    Sebagai pemicu simpul syaraf & kerja otot
    Apabila terdapat pada kadar tinggi, maka bisa melancarkan kiriman oksigen menuju otak
    Melancarkan keseimbangan kadar cairan dalam badan Anda

4. Rendah Lemak

Lemak yang terdapat pada ikan lele merupakan lemak dengan sifat yang sederhana, yaitu trigliserida yang netral. Lemak yang rendah ini banyak terdapat di bagian perut, khususnya pada badan ikan bagian sebelah bawah serta yang terdapat di dalam hati ikan. Terdapat juga lemak yang bersifat kompleks. Sebab rendah lemak maka kolesterol dengan cara tak langsung bisa ikut tertekan.
5. Kaya Omega 3

Bermanfaat untuk menolong pada proses perkembangan otak janin pada bunda hamil. Juga penting untuk perkembangan fungsi pengamatan & saraf bayi.
6. Sumber Protein Pendek

Ini menyebabkan daging lele menjadi lebih gampang untuk dicerna oleh badan Kita & sangat aman untuk sistem pencernaan tubuh. Apabila Kita ingin memakan daging yang mudah dicerna, maka lele bisa menjadi opsi mutlak menua Anda.

Manfaat lele terbukti sangat populer penting untuk bunda hamil. Kandungan omega 3 & protein yang sangat baik membuat ikan ini menjadi sumber gizi penting yang diperlukan bunda hamil & janinnya. Tidak hanya itu, ikan lele juga merupakan ikan yang sangat baik untuk meminimalisir terjadinya beberapa penyakit kardiovaskuler contohnya jantung & menjaga pembuluh darah Kita masih baik.

Bahaya Ikan Lele Bagi Kesehatan


Sebagian besar orang suka mengkonsumsi lele sebab rasanya yang terbukti enak, tekstur daging yang lembut, kandungan gizi hingga harganya yang ekonomis. Tetapi sebagian lainnya lebih memilih untuk menjauhi lele sebab mereka berasumsi lele ialah ikan yang kotor & tidak baik bagi kesehatan. Gimana dengan Anda? Lebih memilih menyukai atau menghindari? Supaya lebih jelas mari kita pelajari lebih dalam mengenai kandungan apa saja yang terdapat pada lele yang mungkin berbahaya bagi tubuh.

Berikut Ialah Bahaya Ikan Lele Bagi Kesehatan
1. Lele Mengandung Merkuri

Di era modern ini teknologi sudah terus maju sahaja, tetapi kondisi lingkungan terus terlalaikan setingginya tingkat pencemaran lingkungan. Hampir sebagian ikan yang dijual mengandung merkuri, yaitu sebuah zat yang membahayakan sistem saraf Anda. Tetapi Kita tak butuh khawatir sebab Kita masih bisa mengkonsumsi ikan lele, kecuali lele yang tumbuh pada lingkungan dengan pencemaran merkuri yang tinggi. Sebagian besar riset mengungkapkan bahwa lele ialah ikan dengan kandungan merkuri yang sangat rendah. Badan pengawas lingkungan juga mengungkapkan bahwa ikan lele merupakan ikan yang aman untuk dikonsumsi.
2. Lele Mengandung Banyak Bakteri Yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Lele ialah salah satu tipe ikan yang bisa berkembang biak dengan baik pada perairan keruh & tidak banyak kandungan oksigen. Bahkan ada peternak lele yang menempatkan kolam lele di kurang lebih kandang ayam. Hal ini terbukti sengaja meraka perbuat untuk menekan anggaran produksi sebab lele merupakan ikan yang bisa mengkonsumsi kotoran ayam, fauna ternak lainnya, bahkan manusia.

Keadaan contohnya inilah yang memungkinkan lele mengandung banyak bakteri. Beberapa bakteri yang biasa terdapat pada ikan lele yaitu E.coli, Shigella & Salmonella. Bakteri-bakteri tersebut bisa kita hilangkan dengan cara pengolahan yang cocok. Pastikan Kita mencuci lele dengan bersih & mengolahnya dengan pemanasan yang cocok untuk mematikan bakteri yang ada pada ikan lele. Terlepas dari beberapa macam kekhawatiran tersebut, ikan lele sebetulnya kaya bakal kandungan gizi yang sangat berkhasiat bagi kesehatan badan kita. Jadi jangan terlalu dipikirkan, khasiat ikan lele sangat banyak.
3. Kanker

Banyak para pembudidaya ikan lele memanfaatkan kolam yang keruh contohnya menempatkannya di bawah kandang ayam, babi, kambing atau sapi. Tidak hanya untuk menekan anggaran produksi, hal ini juga dikarenakan ikan lele ialah ikan air tawar yang sangat mudah hidup. Jadi, mesikipun kolamnya kotor, ikan lele masih bisa hidup. Ikan lele ialah ikan yang memakan limbah & bisa hidup di beberapa medan, bahkan lumpur sekalipun. Kemudian mengapa ikan lele bisa memicu terjadinya kanker? Berikut ialah bahaya lele yang bisa menjadi pemicu tumbuhnya sel kanker pada tubuh:
— Lele Hidup Di Kolam Yang Sangat Kotor

Lele merupakan ikan yang mempunyai daya tahan badan sangat baik & bisa hidup di beberapa macam kondisi lingkungan, baik tersebut kotor atau dipenuhi limbah. Bahkan untuk mempermudah & menekan anggaran produksi, banyak petani lele yang membudidayakan lele di bawah kandang ayam. Bisa Kita bayangkan bakteri-bakteri apa saja yang mungkin masuk ke badan lele tersebut?
Baca Juga:  14 Fungsi Daging KepitingCara Memasaknya
— Konsumsi Limbah

Contohnya halnya bahaya daging biawak, lele merupakan ikan yang bisa memakan limbah (kotoran) dari fauna ternak. Nah, hal inilah yang menyebabkan ikan lele bisa menjadi sangat berbahaya sebab banyak terkontaminasi oleh beberapa macam bakteri.

Terlepas dari hal-hal yang GetaranSehat.com sebutkan diatas, ikan lele sejatinya ialah ikan air tawar yang mempunyai segudang fungsi & khasiat untuk. Oleh sebab itu, sebagai konsumen kita haruslah lebih tidak banyak berpikir cerdas dalam memilih bahan pangan yang hendak kita & keluarga konsumsi. Cari tahu terlebih dahulu dari mana ikan lele yang hendak Kita beli berasal, apabila ragu-ragu ya jangan. Lebih baik lagi langsung beli ke tempat pembudidaya dimana Kita bisa melihat langsung gimana lele tersebut mereka ternak, apa saja makanannya, & lain sebagainya.
Trik Memilih Lele Yang Segar

Untuk memperoleh fungsi ikan lele serta khasiat ikan lele yang maksimal, berikut ini bakal kami beri trik pintar mengenai gimana cara memilih ikan lele yang segar:

    Pilih ikan lele yang kulitnya tidak berjamur atau yang normal
    Daging lele bila kita pencet keras
    Tidak berbau busuk
    Mata lele jernih, menonjol atau cembung, tidak berwarna putih
    Insang lele berwarna merah
    Sirip & kulit lele tidak mudah sobek

Trik Mengolah Lele Yang Sehat

    Mencuci lele hingga bersih pada air mengalir yang bersih
    Mengolah hingga matang pada panas yang baik untuk membunuh bakteri yang mungkin ada
    Apabila Kita menghindari kolesterol, Kita juga bisa mengngolah lele dengan cara pengukusan atau perebusan & jangan digoreng

Demikianlah segudang fungsi serta khasiat ikan lele & bahaya-bahaya ikan lele yang berbahaya bagi badan apabila kita tidak berhati-hati selaku konsumen. Semoga tulisan ini bisa memberikan pencerahan terhadap Kita serta meningkatkan pengetahuan Kita mengenai ikan lele. Silahkan tinggalkan komentar apabila ada yang ingin ditanyakan atau Kita konsultasikan seputar khasiat ikan lele maupun bahaya ikan lele. Itulah alasan kenapa ikan lele sangat kotor.

Posting Komentar untuk "1001 Manfaat dan 1001 Bahaya Ikan Lele"